Sebelum kita
mulai saya akan menjelaskan tools yang akan kita gunakan untuk tutorial kali
ini
1. Jika ingin memilih bentuk pilih objek berbentuk balok
dari submenu Mesh (didalam menu main toolbar Add)
2. Untuk memanipulasi atau mengubah objek tersebut
menjadi papan dengan cara mengubah ukuran menjadi lebih panjang (berpengaruh
terhadap sumbu X atau sumbu Y), dan tingginya diubah menipis (berkurang
ketebalannya yang hanya berpengaruh terhadap sumbu Z)
3. Untuk Mengubah objek menjadi lebih panjang atau lebih
lebar (perubahan ukuran), dengan menggunakan tombol keyboard S + X ((tekan
tombol S terlebih dahulu, setelah itu tekan tombol X) perubahan ukuran yang
berpengaruh terhadap sumbu X) atau kombinasi tombol keyboard S + Y (perubahan ukuran yang berpengaruh
terhadap sumbu Y), begitu pula dengan kombinasi tombol keyboard S + Z
(perubahan ukuran yang berpengaruh terhadap sumbu Z (untuk ketebalan objek)).
4. Untuk melihat sudut pandang objek yang akan diubah,
yaitu dengan cara menekan tombol tengah pada mouse, lalu kita gerakkan atau
kita atur sudut pandangnya.
Dan cara yang lainnya
adalah dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Numpad 3 (untuk sudut pandang
sebelah kiri), tombol keyboard Numpad 3 (untuk sudut pandang sebelah kanan),
kombinasi tombol keyboard Ctrl + Numpad 1 (untuk sudut pandang sebelah
belakang), tombol keyboard Numpad 1 (untuk sudut pandang sebelah depan),
kombinasi keyboard Ctrl + Numpad 7 (untuk sudut pandang sebelah bawah), dan
tombol keyboard Numpad 7 (untuk sudut pandang sebelah atas).
Berikut adalah
tampilan Awal nya.
Posting Komentar